Cheddar Cheese Cake

Kesimpulan ku tentang cheddar cheese cake :... enak, enyak, enyaaak dan mudah, murah...

enak karena lembut dan wangi keju, mirip Japanesse Cheese Cake, murah karena cheddar chesee emang lebih murah sedikit dari cream cheese, mudah karena dimana-mana banyak yang jual chedaar cheese... warung tetanggaku aja jual kok.

Kalo dulu aku mau makan cheese cake suka males bikin karena sekali beli cream cheese harus 1 kg (di cibinong ga ada yang jual itupun harus beli di yoeks bogor dan ga bisa di'keteng' jadi harus 1 blok penuh... 1 kg !) padahal 1 resep cuma pakai 250 gr cream cheese, sisanya.... terpaksa bikin-bikinan kue lagi yang pakai cream cheese deh...



Resepnya nyontek di milis ncc... pasti terjamin rasanya...





Kejunya aku parut (tidak dipotong-potong kecil) supaya lebih mudah larut dalam mentega dan susu.



Penampakan memanggang dengan tehnik au bain marie (ngoven dengan loyang di tim)
loyang adonan aku pakai bulat 20 cm, alasnya kotak 24 cm diisi air tidak lebih dari 1\3 tinggi loyang.

Aku pakai loyang bulat biasa tidak dibungkus aluminium foil karena loyang ku tidak bocor.
Cara ngetes loyangnya seperti ini :
1. ambil loyang untuk alas, isi air setengahnya terus perhatikan apakah bocor... klu bocor nanti akan membasahi oven dan air jadi sering habis... klu sering habis kita harus terus menambahkan lagi dengan air panas.
2. klu loyang alas sudah oke, ambil loyang untuk adonan, celupkan dasarnya ke loyang alas yang berisi air tadi, tekan sampai dasarnya menempel terus tahan sebentar, perhatikan apakah ada rembesan di sekeliling dasar loyang .... klu tidak ada berarti loyang aman dan bisa dipakai tapi klu ada rembesan air berati loyang harus dibungkus aluminium foil bagian luarnya, atau cari-cari lagi loyang lain yang tidak bocor atau beli loyang yang tanpa sambungan....

* dari sekian banyak loyang yang aku punya, kebetulan cuma 1 itu yang tidak rembes jadi bisa dipakai tanpa di bungkus aluminium foil bagian luarnya...

Aku selalu memakai oven listrik untuk membuat cake dengan tehnik au bain marie ini, karena oven gasku terlalu besar dengan api dan panas yang besar juga sehingga air di loyang alas sering habis, aku jadi harus selalu menambahkan air panas terus.... udah gitu oven ku agak tinggi raknya... agak susah menambahkan airnya...

Tapi kali ini oven listrikku tampaknya perlu di service, biasa membuat cake ini 50 - maksimal 75 menit sudah matang, kali ini sampai 90 menit baru matang.... mungkin panasnya kurang tinggi..



Resep Cheddar Cheese Cake
Sumber : milis NCC - kayaknya resepnya punya Mb. Shirley deh....
resep ini sudah aku modifikasi supaya cukup di loyang bulat 20cm.

Bahan :
A. 200 ml susu cair (aku pakai indomilk UHT rasa vanila)
60 gr butter (aku pakai golden fern - anchor)
200 gr keju cheddar ( aku pakai kraft)

B. 30 gr terigu segitiga
20 gr maizena
3 kuning telur
2 sdt air jeruk (aku selalu pakai jeruk nipis daripada jeruk lemon karena lebih enak)

C. 5 putih telur
150 gr gula pasir (sesuai resep 120gr, aku tambahkan manis sedikit untuk mengimbangi rasa
asin pada cakenya)
1 sdt cream of tar tar (ctt)

Cara Membuat :
1. Siapkan loyang bulat 20 cm untuk adonan, poles dengan mentega yang tebal dan rata. siapkan juga loyang untuk alas, isi air 1\3 tinggi lalu panaskan loyang alas berisi air dalam oven 160 c.
2. Panaskan bahan A diatas kompor dengan api kecil, aduk-aduk sampai larut. Angkat dari api.
3. Tambahkan bahan B, mulai tepung, telur terakhir air jeruk, aduk rata.
4. Kocok putih telur sampai setengah mengembang, tambahkan gula pasir dan ctt sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai soft peak.... jangan sampai kaku banget atau hard peak ya... nanti cakenya ciut atau berpinggang setelah matang.... klu kapasitas miksernya sama dengan mikser miyako aku kira-kira 2,5 - 3 menitan deh ngocok putih telurnya...
5. Tuang ke loyang, lalu loyang berisi adonan tsb di taro di dalam loyang berisi air yang tadi sudah dipanaskan. oven sampai matang.
6. Setelah matang, keluarkan dari oven tunggu sebentar sampai uap hilang, terus ambil 1 alas cake, balikkan cakenya.... pelan-pelan ya cakenya lembuuuut sekali, klu agak nempel, goyang-goyang sedikit sampai cakenya lepas sendiri, terus ambil lagi 1 alas cake lalu balikkan lagi.... taraaaa jadi deh cheese cakenya...
7. campur selai (strawberry atau blueberry atau aprikot, dll...) dengan sedikit air panas, aduk rata, oles permukaan cake dengan campuran selai ini.... selanjutnya bisa dihias dengan buah segar.... cantik..

*aku menggunakan 2 alas cake untuk membulak balik cake karena cakenya lembut sekali, tidak bisa di balik dengan di pegang tangan.

Selamat mencoba






0 Response to "Cheddar Cheese Cake"

Posting Komentar